Rpp Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Masih seputar RPP, kali ini saya bagikan secara Gratis kepada Bapak/Ibu Guru untuk RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Pada kurikulum 2013 sebelum direvisi terdapat aneka macam istilah dalam penamaan aktivitas suatu misal; Ulangan Harian (UH) ketika ini bermetamorfosis Penilaian Harian (PH), Ulangan Tengah Semester (UTS) kini bermetamorfosis Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), ketika ini berubah nama menjadi Penilaian Akhir Semester (PAS), lalu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dahulu mengacu pada Mata pelajaran kini pada Satuan Pendidikan dan istilahnya juga bermetamorfosis Kriteria Belajar Minimal (KBM).
Revisi RPP Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); Keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
Download RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Inilah yang sebetulnya Tujuan Kurikulum 2013, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Menurut beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di zaman ini, zaman di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kurun 21 sangat penting, 4 C ialah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Kurikulum 2013 juga menuntut bahan pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.